Biologi untuk Uta..

Ketika saya sedang menjahit di kamar, Uta srg menemani saya. Bertanya ini apa itu apa ini apa itu apa kemudian diakhiri dengan “Kok ibu lama si jaitnya? Ga mau main sm Uta?” DUBRAK!!! Hehehe. Malu ati.

Suatu hari pulang kerja saya lanjut menjahit bantal utk hadiah seorang teman. Uta masuk lalu bertanya buat bantal apa, saya jelaskan itu utk hadiah ulangtaun Cantika, anaknya pak tukang yg bikin sepatu ibu. Untunglah dia mengerti dan cm blg “Uta boleh temenin?” Boleh donk…. 🙂
Prince Uta
Ditengah proses dia menemani saya, memang dia cuit cuiiiit terus. Gada abisnya. Hihihi. Lalu dia bercerita.
Ibu, td Keisha di sekolah jatoh, trus kata ibu guru Keisha hebat krn ga berdarah.
Woops..Lgsg berhenti menjahit..
Saya: Hebat krn ga berdarah atau hebat krn ga nangis nak?
Uta: Kata ibu guru hebat krn ga bedaraaaah..
Hmm….Ada yang perlu diluruskan sepertinya..Saya mengambil bantalan jarum saya, bbrp lembar kain, dan jarum pentul (ya maaf deh alat peraganya aneh, kan lg menjahit..hehehehe)
Saya: Dek, tau ga, kulit kita itu berlapis-lapis lhoooo. Nah di lapisan yang dalam, ada darah. Ini darahnya ya dek (smbl nunjuk bantalan jarum), nah ini lapisan kulit kita (sambil menutupi bantalan jarum dengan kain). Ada satu, dua, tiga, ya banyak lah (ibu gagal, ga mau ke wikipedia dl nyari brp lapis kulit mannusia..hihihi). Kalo ibu tusuk di atas sini (nusukkin jarum ke kain), darahnya uda kena blm ya?
Uta: Belum.
Saya: (menyingkirkan lembaran kain pertama) Kalo ibu tusuk di sini uda kena blm ya?
Uta: Belum.
Saya: (menyingkirkan lembaran kain kedua) Kalo skrg ibu tusuk, uda kena blm ya?
Uta: Udah.
Saya: Nah kl uda kena brati berdarah ngga ya dek?
Uta: Iya.
Saya: Nah, brarti Keisha waktu itu ga berdarah krn apa?
Uta: Krn belum sampe ke darahnya lukanya.
Saya: Pinteeeerrrrrr….
Besoknya, kata mamanya, dia blg ke ibu gurunya.
Ibu, Keisha itu ga berdarah krn blm kena darahnya. Bukan krn Keisha hebat. Tp Keisha pinter ngga nangis. Gitu.
Dan ibu gurunya bengong..Hihihihi..
————————————————————————————————————————————
Uta melihat bola duri saya di atas meja.
Uta: ini apa ibu?
Saya: bola duri dek.. *smbl makan pekedel jagung*
Uta: aw aw..ini bikin sakit ya ibu?
Saya: engga kok..coba aja..
Uta: engga ah..sakit..ini buat apa ibu?
Saya: *membuka tangannya Uta* adek tau ngga, ini yang merah2 ini apa ya?
Uta: mmm…darah?
Saya: yes, betul..nah, waktu kita pegang bola duri itu, duri2nya itu akan mengenai sedikit saluran darah ini. jadi darahnya lancar. 🙂
Uta: tapi ga berdarah ibu?
Saya: engga, krn duri2nya pendek, tdk sampai msk ke kulit kok.
Uta ambil bola duri saya, dbawa ke luar trus bilang ke temennya
Bola duri ini sehat lho..Bisa bikin saluran darahnya lancar..
Saya mengintip dari balik jendela dan tertawa melihat wajah temannya yang bingung. Hihihihi.
Senyum dulu ah..
Advertisements