Perjalanan ke dan dari Baluran..

Saya sendiri yang bilang bahwa jalan menuju surga itu memang berat (ingat, Boracay?), eh kejadian lagi pas ke Baluran ini. Hahahaha. *jedotin pala*

Taman Nasional Baluran ada di Situbondo, Jawa Timur. Ramai dibicarakan sebagai Africa Van Java, saya sudah pasti geregetan banget pengen berkunjung langsung dong. Apalagi kalau kalian ketik ‘Baluran’ di Google ya, itu foto-foto yang keluar semuanya bikin menganga!! I…i….(ceritanya tergagap)…ini beneran di Indonesia? Tsah!! *udah cukup drama belom?*

Saya menuju Baluran via Surabaya. Karena apa? Karena emang tiket ke Surabayanya udah beli dari lama, buy one get one tukar sama poin Telkomsel gitu. Hihiy!! Ke Baluran dari Surabaya sebenarnya mudah, tapi memang perjalanannya lama. Dari bandara naik Damri dulu ke Terminal Bungurasih/Purbaya, dari situ jalan aja ke belakang cari Patas menuju Probolinggo. Nanti dari Terminal Banyuangga Probolinggo, naik bus lagi menuju Situbondo dan turun di depan pintu gerbang taman nasionalnya. Gampang kan? ENGGAK!! :)))))

Sebenarnya bukan nggak gampang, tapi memang perjalanannya panjang banget. Dari Surabaya ke Probolinggo masih nyaman karena busnya besar dan berAC. Nah dari Probolinggo ke Balurannya itu wihihihi lumayan bikin kering kerontang. Hahaha. Busnya nggak berAC, supirnya royal bunyiin klakson (ini beneran banget deh karena saya duduk di kursi depan dan beberapa kali supir ngambil jalur berlawanan sampe diludahin sama pengendara motor karena dia harus berhenti dan minggir banget kalau nggak mau ketabrak bus..wuhuhuuuu..sintiang!), dan perjalanannya puanjang buanget!! Sudah sampe Terminal di Situbondo dan tetap belum sampe. Semua orang turun dan saya masih aja ngendon. Hahaha. Perjalanan masih lanjut! Total sekitar 6-8jam perjalanan lah dari Surabaya. :))))

Tapi tenang, perjalanannya nggak semembosankan itu kok. Di bus Surabaya-Probolinggo, saya tidur. Dari Probolinggo ke Baluran saya kadang tidur, kadang bangun dan lihat-lihat. Pas udah mau sampe Baluran, pemandangannya dahsyat. Ada Jawa Power lalu laut membentang lalu gunung. Ciamik!! Kalau naik mobil sendiri mungkin enak, bisa berhenti dan lihat-lihat dan foto-foto dan tentu saja jam perjalanannya makin molor. Hihihi.

Yang lucu, di perjalanan ini nih hati dinaikturunin banget sama orang Jawa Timur. Pertamanya dibilang Surabaya-Probolinggo tu 2jam (yay!!), ternyata ….. teeettt ….. 3.5jam lah (krik krik..). Lalu Probolinggo – Baluran dibilangnya 2.5jam (dan hati udah seneng banget dong), ternyata ….. teeetttt …. 4jam lebih!! Hiks.. Bukan cinta saja yang sering memporakporandakan hati saya, perjalanan pun juga. Uhuhuhu.. *eh kok curhat?!*

Sampai di depan gerbang Taman Nasional Baluran, perjalanan pun ….. teeettt …. belum selesai. Hahaha. Bentar lagi saya ditoyor ni sama pembaca. Dari gerbang Taman Nasional Baluran, perjalanan masuk dilanjutkan dengan ojek. Kalau menginapnya di Bekol, perjalanan hanya 45-50menit lah. Kalau seperti saya, menginap di Bama, perjalanannya satu jam. Saya naik motor sama Mas Sularso yang asik cerita ini itu dan bilang ‘Ini kita masuk Evergreen ya.. Di sini biasanya suka ada macan tutul melintas..’ GULP!! Saya komentar ‘Wah, kalau macan tutul melintas, kita diem aja ya mas? Gapapa ya mas?’ dengan nada santai, tapi sesungguhnya di dalam hati saya berdoa kenceng tu macan nggak lagi pengen melintas jalan mana pun juga yang kami lewati. Hahaha.

Satu jam perjalanan dan sampai deh di Bama. Ihiy! Akhirnyaaaa!! Total perjalanan Surabaya – Baluran lebih kurang 8jam. Yeah!! *pijetpijetbetis*

PS: Pilihan lain ke Baluran adalah lewat Bali. Ini lebih gampang dan cepat. Dari Bali nyebrang ke Banyuwangi. Dari Banyuwangi naik bus dan sampe deh di depan gerbang Baluran. Jarak tempuhnya tentu lebih cepat. Tapi soal itungan keuangannya nggak yakin lebih murah sih. Hihihi.

Selesai dari Baluran, lanjut ke Malang. Perjalanannya jadi Baluran – Probolinggo dan Probolinggo Malang kemudian Malang – Batu (karena menginapnya di Batu). Baluran-Probolinggo kami naik bus berAC dan baru berpikir, kok ini ada yang AC? Kemarin dari Probolinggo-Baluran kenapa nggak naik yang AC deh?! -_____- Walaupun perjalanannya panjang dan lama, tapi cukup nyaman karena berAC itu tadi. Hihihi. Dari Probolinggo-Malang busnya justru nggak berAC dan kursinya nggak nempel dengan baik dong. Jadi kalau Caesar duduk, saya kayak diungkit dan naik gitu. Tapi kalau saya yang duduk, Caesar sepertinya baik-baik saja, tak berubah sedikit pun posisinya. -_____-

Pas sudah sampai Malang, ada sedikit kejutan yaitu …. busnya mogok. Hihihi. Yanacip! Jadilah kami harus jalan sedikit dan numpang Elf sampai terminal. Untung dari sana udah gampang tinggal naik taksi. Di taksi beneran santai-santai deh. Kecapean di jalan. Hihihi.

Jawa Timur 4hari3malam dan ini baru perjalanannya saja udah ada cerita. Hahaha. Menyenangkan!

Senyum dulu ah.. πŸ™‚

Advertisements