Enam Tempat Makan Enak di Bali yang Ramah Bagi Vegetarian

Saat kembali ke Bali kemarin, saya meniatkan menikmati hidup dan menaikkan berat badan via makanan. Jadi saya bebaskan diri untuk makan makanan yang saya rasa enak. Baiknya pengaturan Tuhan adalah, saya ke sana dengan teman yang vegetarian! Dan dengan niat baik untuk menjadikan pengalaman makan di Bali ini baik bagi kami berdua, maka saya berusaha mencari restoran yang ramah vegetarian. Untungnya, di Bali banyak!!

food-canggu-bali

Walaupun tidak khusus menyajikan makan vegetarian tapi di setiap restoran yang kami datangi pasti ada saja menu vegetarian.  Atau kalau lagi jalan naik motor mencari tempat makan dan saya lihat tulisan ‘vegetarian’, saya pasti langsung minta berhenti dan tidak ragu mencoba. Hihihi. Dan karena saya sekarang sudah tiga puluh tahun dan mencoba untuk lebih jadi sehat dan memikirkan apa yang saya makan, maka setiap ada menu vegetarian di suatu restoran, saya mencoba untuk memesan dan menikmati menu vegetarian juga. Turns out, they don’t taste bad! 😀

1. Swich Sandwich Canggu

Lokasi: Jalan Pantai Berawa, Canggu

Kami ‘menemukan’ Swich saat jalan cari makan pagi di Canggu. Saya lihat tulisan ‘vegetarian’ besar-besar di papan tulis hitamnya dan saya langsung teriak ‘VEGETARIAN FOOD!!’ dan berhentilah kami untuk memutar balik dan akhirnya parkir di depan tempat makan mungil ini. Hahaha.

Saya memesan Chooken (bukan makanan vegetarian) sementara teman saya memesan Lolla. Chooken berisi ayam panggang dan selada yang dibungkus baguette dan dilengkapi saus mayo sementara Lolla adalah wrap yang berisi homemade tofu pattie, tomat, alpukat, bawang bombay, selada dan dilengkapi saus mayo dan saus sambal. Keputusannya: AYASALAM  LOLLA ITU ENAK SEKALI!! Saya yang nggak suka tahu saja suka sekali dengan tofu pattie-nya. Chooken, di sisi lain, rasanya biasa saja namun sangat amat mengenyangkan. Itu satu roti lapis bisa dimakan dua orang saking mengenyangkannya. Hahaha.

chooken-lolla-swich-canggu

Kiri: Chooken, Kanan: Lolla

2. Ngon Ngon Vietnamese Restaurant

Lokasi: Tepat di ujung jalan sebelum membayar parkir masuk Pantai Berawa, sebelah kanan.

Saat ke Pantai Berawa, kami melewati Ngon Ngon dan saya langsung berpikir untuk makan malam di Ngon Ngon saja. Pemikiran saya, makanan Vietnam pasti ada menu vegetariannya. Hehehe. Dan benar, memang tersedia pilihan menu vegetarian di restoran ini. Kami makan Pha Vegetarian dan Veggie Spring Roll. Dua-duanya: ENAK BANGET!!

Pha-nya segar dan spring roll-nya OMG enaknya lah. Hehehe.

Menghabiskan waktu di Ngon Ngon juga menyenangkan. Suasana tidak terlalu penuh dan anginnya sepoi-sepoi menghanyutkan. TSAH!

pha-spring-rolls-ngon-ngon-canggu

Kiri: Spring Rolls, Kanan: Pha

3. Nook Umalas

Lokasi: Jalan Umalas 1, Gang Nook No 1, Umalas

Nook adalah juga tempat yang kami temukan secara tidak sengaja. Kami dalam perjalanan ke restoran lain saat HP saya meninggal dengan sukacita, kehabisan daya sehinggga kami tidak bisa lagi melihat Waze yang menuntun kami ke restoran tersebut. Akhirnya, saya memutuskan untuk berhenti dan makan di Nook saja. Keadaan Nook saat itu penuh pengunjung dan dari penuhnya suasana, TIDAK SATU PUN penikmatnya adalah orang Indonesia. Hahaha. Ya nasib. 😛

Kami memesan dua makanan yaitu Nasi Campur Vegetarian dan Spicy Veggie Pasta. Nasi Campurnya oh sangat enak! Dan satu porsinya lebih dari cukup untuk dimakan satu orang. Saya makan sendiri saja nggak habis karena saya nggak makan kentangnya. Spicy Veggie Pasta-nya rasanya hanya pedas saja. Tidak terlalu enak bagi saya maupun teman saya. Bahkan teman saya (yang juga penyuka makanan pedas) tidak tahan dengan pedasnya dan memutuskan tidak menghabiskan. Pedas sekali!

Nook berada di pingggir sawah dan tempatnya cukup terbuka yang berarti banyak angin sepoi-sepoi masuk. Masih kepanasan? Nook juga menyediakan kipas angin yang lebih dari cukup menghembuskan angin untuk mendinginkan hati yang panas ditinggal kekasih.

nook-umalas

Atas: Spicy Veggie Pasta, Bawah: Nasi Campur Vegetarian

4. The Piring Daun

Lokasi: Jalan Pantai Berawa

Berada di jalan menuju Pantai Berawa, sebelah kanan ditutupi pohon-pohon yang menyala lampunya saat malam, The Piring Daun pastinya sangat menggoda untuk disambangi. Kami nggak tahu apa ada makanan vegetarian di sana, cuma karena eksentrik sekali itu lampu-lampu menyalanya, maka malam itu kami datang berkunjung lah. Ternyata The Piring Daun ini restoran makanan India yang sudah pasti ada menu vegetariannya dong.

Kalau di restoran lain, yang free flow itu minuman teh-nya, di The Piring Daun yang free flow nasinya. Hahaha.

Dan sesuai namanya, makannya benar-benar memakai daun pisang sebagai piring. 😀 Sayang saat itu saya sedang kurang sehat dan nggak napsu lihat makanan, apalagi makanan India. Jadi saya nggak makan, hanya teman saya yang makan Nasi Biryani. Saya tanyakan ke dia nilainya, katanya 3.5 dari 5. 😀

Suasanya sebenarnya cukup menyenangkan untuk duduk-duduk santai, tapi saya agak terganggu sama pelayannya. Pas masuk, kami mau duduk di meja X, eh lalu disuruh pindah ke meja kecil di ujung yang saya nggak suka lokasinya. Saya tanya kenapa diminta pindah? Katanya karena …. meja X belum dibersihin.

LAH?! Ya sudah kalau gitu bersihkan atuh mbok, ih! Hihihi. *pentung*

Bukan foto saya, diambil dari sini

5. Bungalow Living Cafe

Lokasi: Jalan Pantai Berawa 35A, Canggu

Ini tempat makan favorit saya. Sudah suka dari pertama lihat bagian luarnya. Manis sekali dengan warna pastel dan teras yang terbuka.

Saya pesan Vegan Cake dan jus yang saya lupa itu jus apa saja (padahal enak dan menyegarkan sekali). Sementara teman saya pesan Mini Bungalow Pie – Tofu. Dua makanan yang dipesan sama enaknya. Porsinya pas untuk makan pagi. Vegan Cake-nya enak, tapi oatmeal di bagian bawahnya agak sedikit keras untuk saya. Pie tofunya, enak sekali! Ini saya nggak suka tahu tapi pas di Bali malah suka semua makanan yang dibuat dari tofu. Hahaha.

Suasananya enak sekali buat santai-santai dan kongkow-kongkow. Mau duduk sendirian sambil sibuk baca buku juga pasti menyenangkan.

bungalow-living-cafe-canggu

Kiri Atas: Vegan Cake, Kanan Bawah: Tofu Pie

6. Betelnut Cafe

Lokasi: Jalan Batu Bolong No 60, Canggu

Ini restoran pilihan teman saya saat ia melihatnya di Zomato (eh kalian sudah follow Zomato saya belum?). Betelnut Cafe ini terkenal sebagai tempat untuk menikmati healthy food.

Saya pesan Quinoa Egg dan Jus Campuran Semangka, Nanas, dan Mint. Sementara teman saya pesan Snuggler Wrap dan Betelnut Smoothies. Saat makanan datang, dunia terguncang. YASALAM ITU PORSI BESAR SEKALI!! Itu mah bisa satu porsi dimakan berdua! Hahaha.

Secara rasa, saya pribadi berpikir biasa saja, nggak istimewa. Ternyata teman saya berpikiran hal yang sama. Yang agak mengganggu di Betelnut Cafe ini adalah pelayannya terlihat judes-judes semua. Kata teman saya, “Mungkin mereka lelah.” Hihihi.

betelnut-cafe-canggu

Foto kupu-kupu di kanan atas itu bukan milik saya ya.

Oke, itu dia enam tempat makan enak di Bali yang ramah bagi vegetarian. Saya yakin sebenarnya masih banyak tempat makan enak di Bali lainnya yang ramah bagi vegetarian yang belum saya kunjungi. Ih jadi nggak sabar untuk kembali ke Bali. Tapi sebelum ke Bali, lihat-lihat akomodasi pilihan untuk menginap di Bali dulu di Travelio.com.

Travelio ini cocok untuk mencari tempat menginap yang pas di hati dan hitsnya, harga yang ditunjukkan bisa ditawar! Iya, bisa ditawar!! Saat saya ke Macau kemarin, saya pesan penginapan via Travelio dan puas sekali, jadi ini saya bagi tips sederhana untuk cari penginapan di Travelio ya.

1. Setelah pilih lokasi menginap dan tanggal menginap dan sudah keluar pilihannya, yang saya lakukan biasanya langsung zoom bagian peta di sebelah kiri untuk mencari penginapan yang dekat dengan pantai.

Travelio2

2. Sesudah dapat pilihannya, lihat harga rata-ratanya dan tentukan apakah itu cocok dengan harga rata-rata penginapan yang dicari. Lalu coba kurangi 20% dari harga rata-rata itu untuk menawar.

Travelio3

3. Langsung tawar!! Dulu-dulu saat menawar, saya selalu gagal karena niat sekali sampai mengurangi 40% harga. Hahaha. (Ya kali, Lan!). Nah setelah sekali berhasil, saya belajar untuk selalu kurangi 20-25% saja dari harga rata-rata dan biasanya langsung dapat. Nih saya langsung dapat! 😀 (PS: Harga ini sudah saya bandingkan dengan harga dari situs lainnya dan tentu termurah karena di Travelio tidak ada beban biaya administrasi).

Travelio4

Jadi untuk yang mau ke Bali, mencoba enam tempat makan enak di Bali yang ramah bagi vegetarian yang saya rekomendasikan di atas, silakan lho langsung cari penginapannya via Travelio. Makan enak dan terjangkau, penginapan nyaman dan harganya bisa ditawar, sudah siap sekali lah liburan di Pulau Dewata! Yahuy! *oles-oles tabir surya*