Delapan Kelakuan Tamu Indonesia yang Menyebalkan

“Lokal tamumu, Mbak? Hebat. Sabar yo.. Aku nggak mau nerima tamu lokal lagi. Bikin pusing!” salah satu teman sesama pengurus penginapan berkomentar. Saya cekikikan. Dulu saat belum mengurus penginapan sendiri dan kerja di hotel, saya sempat bingung campur kesal ketika mendengar anak front office berkomentar senada. Pikir saya, jahat banget kok sama saudara sendiri (tamu …

Mengurus Visa Korea Selatan Sendiri

“Susah nggak sih mengurus visa Korea Selatan? Apa saja persyaratannya? Caranya bagaimana? Pakai travel agent?” Saya sering sekali dapat pertanyaan ini. Apalagi sekembalinya saya dari sebulan keliling Korea Selatan tahun 2018 yang lalu. Jadi dari pada capek saya jawab satu per satu, mari saya ceritakan saja pengalaman saya mengurus visa Korea Selatan sendiri di sini …

Puasa Instagram

“Kamu tumbuh ya. Yang subur, yang sehat. Jangan menyerah.. Kuat kuat sampai nanti waktu panen ya..”, saya berbicara sambil menghadap sebuah pot berisi tanah yang masih nampak rata. Iya, saya berbicara ke benih tanaman yang baru saja saya tanam. Hihihi. Berkebun/bercocok tanam adalah satu kegiatan yang AKHIRNYA bisa saya lakukan. Dari dulu sebenarnya ada keinginan …

Dari Jogja ke Bromo Naik Kereta Api

“Kita santai aja lah, Wid. Nanti lihat pas sudah sampai stasiun aja mau lanjut naik apa.” tulis saya di pesan yang saya kirim ke Widi. Ini saatnya, saat di mana saya dan Widi jalan bareng ke gunung dan laut. Dimulai dari mendaki Gunung Rinjani lalu ke Pulau Moyo, kali ini agendanya adalah ke Gunung Bromo, …

Wisata Kulon Progo Yogyakarta

“Ke Kulon Progo yuk! Aku kangen main air!” saya berkata ke Firsta. Kulon Progo adalah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta bagian barat daya. Sebelum-sebelumnya, daerah ini memang agak kurang terkenal sebagai tujuan wisata dibanding kabupaten lainnya. Tapi sekarang, wisata Kulon Progo itu semakin berkembang banyak sekali dan semua yang saya datangi, sungguh menyenangkan. Rapi, bersih, …

Cara ke Shenzhen dari Hong Kong

Sekali lagi, saya akhirnya mencoba masuk Shenzhen dari Hong Kong!! Eh? ‘Mencoba sekali lagi?’ Iya. :)) Untuk yang sudah ikuti blog saya dari mulai di Blogspot (atau malah Multiply), pasti tahu cerita saya ditolak masuk Shenzhen di tahun 2010. Hihihi. Dari sejak ditolak dulu, saya belum mau mencoba ke Shenzhen dari Hong Kong lagi; trauma …